Cara menggosok gigi dengan prinsip 3T

Prinsip 3T

    Menggosok gigi perlu dilakukan agar keadaan rongga mulut kita tetap terjaga kebersihannya, menggosok gigi juga perlu dilakukan dengan benar agar hasil yang didapatkan menjadi maksimal dengan artian gigi menjadi bersih. 

Alat dan Bahan Sebelum Menggosok Gigi

          Sebelum menggosok gigi, tentunya kita perlu mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, yaitu :
1. Sikat Gigi => sikat gigi yang digunakan ialah sikat gigi yang memiliki bulu halus agar tidak merusak gusi, bergagang lurus agar mudah dipegang, dan ujungnya mengecil agar menjangkau gigi bagian belakang dengan mudah.
2. Pasta Gigi => pasta gigi yang digunakan sebaiknya yang mengandung fluoride karena kandungan ini sangat bagus untuk kesehatan gigi.
3. Gelas Kumur => gelas kumur digunakan untuk menampung air yang akan digunakan untuk berkumur.
4. Cermin => cermin dapat digunakan untuk melihat bagian gigi yang perlu dibersihkan lagi.

Menggosok gigi dapat dilakukan dengan prinsip 3T, yaitu :

1. Tekun => menggosok gigi dilakukan secara perlahan tanpa tergesa-gesa agar tidak melukai gusi dan efektif dalam menghilangkan plak atau sisa makanan pada gigi.

2. Teliti => menggosok gigi pada seluruh bagian tanpa ada yang tertinggal, 
  • Dimulai dari bagian gigi depan atas dan bawah dengan gerakan naik turun atau melingkar, 

  • Kemudian sikat bagian belakang samping luar gigi atas dan bawah sebelah kanan dengan gerakan melingkar per-dua gigi sebanyak delapan kali gerakan hingga gigi belakang kiri dengan gerakan yang sama, 

  • Kemudian menggosok bagian pengunyahan dimulai dari gigi bawah lanan hingga ke gigi bawah kiri, untuk gigi atas juga dilakukan gerakan yang sama. 

  • Kemudian bagian dalam gigi juga disikat dengan gerakan mencungkil secara halus dan pelan dimulai dari gigi belakang kanan bawah, ke depan dekat lidah, hingga gigi belakang kiri. Begitu juga pada gigi atas juga diperlakukan sama. 



  • Setelah semua permukaan gigi disikat, tidak lupa pula membersihkan lidah dengan gerakan searah sebanyak 3 kali. 

  • Kemudian terakhir berkumur hingga bersih.

3. Teratur => menggosok gigi minimal dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pagi setelah sarapan (15-20 menit setelah sarapan) dan malam sebelum tidur. Kegiatan ini dilakukan secara terus menerus agar gigi bersih dan sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara menggosok gigi dengan prinsip 3T"

Posting Komentar